1)
Jelaskan manfaat Sistem Informasi Manajemen dalam bidang pemasaran !
Jawab:
·
Dapat membantu Manager Pemasaran untuk mengetahui Tren apa yang sedang ada
di dalam masyarakat pada masa kini guna melakukan promosi yang dapat menarik
perhatian konsumen dan dapat mengetahui barang/jasa apa yang masyarakat
butuhkan.
·
Dapat membantu kegiatan Manager Pemasaran seperti menganalisa harga secara
cepat, tepat, dan akurat.
·
Perusahaan akan selalu memberikan inovasi baru terhadap produknya serta
dapat mengetahui kinerja pesaing perusahaan lain.
2)
Apa yang anda ketahui tentang sim dan mengapq sangat berperan penting dalam
manajemen?
Jawab:
*SIM
adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna pendukung
dalam pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu perusahaan.
*SIM sangat berperan penting
karena sim biasanya diterapkan dalam suatu organisasi untuk mendukunng
pengambilan keputusan dan informasi yang dihasilkan dibutuhkan oleh semua
tingkatan manajemen atau merupakan teknik pengelolaan informasi dalam suatu
perusahaan/ organisasi.
3)
Jelaskan sejarah sistem informasi manajemen, eksistensinya saat ini dan
perkembangannya dimasa depan !
Jawab:
ð
Sejarah SIM
Konsep sistem informasi telah ada sebelum munculnya komputer. Awalnya SIM digunakan
untuk tujuan aplikasi komputer yaitu menghasilkan informasi bagi manajemen. SIM
terus berkembang hingga muncul konsep baru yaitu Decision Support System,
selanjutkan muncul pula konsep lainnya yaitu Artifical Intelegence sebuah konsep
dengan ide bahwa komputer bisa diprogram untuk melakukan proses logic
menyerupai otak manusia.
ð
Eksistensinya SIM sekarang
Mampu membantu manusia dalam pencapaian tujuan secara teratur dan benar
sesuai dengan langkah-langkah yang diharapkan. Perkembangan SIM dimasa depan akan
menjadi lebih bermanfaat lagi dalam membantu pencapaian tujuan manusia seiring
berkembangnya teknologi sekarang. Contoh : pembayaran tol sekarang menggunakan
autodebet.
4)
Apa keuntungan dan kerugian dari penggunaan SIM bagi sebuah perusahaan?
Sebut dan jelaskan !
Jawab :
ð Keuntungan penggunaan SIM :
v Meningkatkan efisiensi operasional
v Investasi di dalam teknologi sistem
v Informasi dapat menolong informasi
v Memperkenalkan inovasi dalam kegiatan
bisnis
v Membangun sumber-sumber informasi
strategis
Contoh : penggunaan mesin ATM, dengan adanya ATM kegiatan pada proses
transaksi akan lebih efisien.
ð Kerugian penggunaan SIM :
v Pengurangan tenaga kerja
v Ketergantungan manusia terhadap sistem
informasi manajemen tersebut
5)
Komponen apa saja yang diperlukan dalam SIM?
Jawab :
ð
Komponen SIM secara fungsional :
§ Sistem
administrasi dan operasional
§ Sistem pelaporan manajemen
§ Sistem database
§ Sistem pencarian
§ Manajemen data
ð
Komponen SIM secara fisik :
§ Perangkat keras
§ Perangkat lunak
§ Database
§ Prosedur pengoperasian
§ Personalia pengoperasian
6)
Jelaskan bagaimana hubungan SIM dan fungsi manajemen !
Jawab :
Hubungannya menuai sinergi yaitu serangkaian subsistem informasi yang
menyeluruh dan terkoordinasi serta secara rasional terpadu yang mampu
mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna
meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar
kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatannnya meliputi ; menerima data,
memproses data, memperoleh informasi sebagai keluarannya. Serta fungsi dari
manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas ataupun kegiatan manajemen
yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan
yang ditetapkan sebelumnya.
7)
Mengapa dikatakan SIA sebagai bagian terbesar dari SIM?
Jawab :
Karena Sistem Informais Akuntansi berada di berbagai bidang operasioanal
manajemen organisasi. Sehingga SIA dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan
dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja
sama secara harmonisasi untuk mengolah data keuangan yang diperlukan oleh
manajemen dalam proses pengambilan keputusan dibidang keuangan tersebut.
8)
Jelaskan manfaat SIM untuk suatu perusahaan :
Jawab :
a) Mendukung fungsi dari area bisnis untuk
mencapai tujuan yang mencakup bagian keuangan, akuntansi, operasional,
pemasaran, dan sumber daya manusia.
b) Untuk meningkatkan efisiensi dari proses
produksi, meningkatkan efisiensi dari proses produksi, meningkatkan
produktivitas pekerja, memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan.
c) Sebagai sumber utama informasi dan
mendukung pengambilan keputusan efektif yang diambil oleh manajer dan
profesional bisnis.
d) Untuk mengembangkan produk dan jasa yang
kompetitif dan sebagai sebuah keuntungan strategik dalam menghadapi persaingan
global.
e) Sebagai komponen utama dalam sumber daya
infrastruktur dan kehandalan jaringan bisnis masa kini.
9)
Kualitas suatu informasi dipengaruhi oleh 3 hal ; relevancy, accuracy, dan
timelines. Jelaskan ke 3 hal tersebut !
Jawab :
ü
Relevancy
Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya. Informasi
akan relevan jika memberikan manfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk
tiap-tiap orang satu dengan yang lain berbeda-beda. Misal : Informasi tentang
penjualan barang mingguan kurang relevan jika ditujukan kepada manajer teknik,
tetapi akan sangat relevan jika disampaikan kepada manajer pemasaran.
ü
Accuracy
Sebuah informasi dapat dikatakan akurat bila mana informasi yang disampaikan
tidak biasa atau menyesatkan, bebas dari kesalahan-kesalahn dan harus jelas
mencerminkan maksudnya. Beberapa hal yang berpengaruh terhadap keakuratan
sebuah informasi :
![*](file:///C:\Users\Samsung\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Samsung\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\Samsung\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
ü
Timelines
Informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datangnya
tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai
nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pemngambilan
keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakan yang akan diambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar